Sabtu, 21 Februari 2015

Cara Membuat Kota Pensil new 2015

Cara Membuat Prakarya Kotak Pensil

Home » pendidikan » Cara Membuat Prakarya Kotak Pensil
Cara Membuat Prakarya Kotak Pensil
cara membuat prakarya kotak pensil
prakarya sederhana dari kotak bekas teh celup untuk anak SD
Cara Membuat Prakarya Kotak Pensil
Apa ya namanya? Kotak pensil atau stationery organizer? Ah... sepertinya namanya tidak penting-penting amat. Yang jelas, kali ini kita akan mencoba membuat sebuah prakarya dari barang bekas yang banyak ditemukan di kotak sampah di dapur atau di kamarmu sendiri. Kita akan mencoba memanfaatkan kotak-kotak kemasan teh celup, kotak energy drink, dan kotak bekas pulpen. Saya kebetulan menemukannya di kotak sampah yang ada di dapur, kecuali kotak bekas pulpen yang ada di kamar saya. Cara membuatnya sangat mudah, sederhana, dan cepat. Saya membuatnya dalam waktu 30 menit saja kurang lebih. Ayo kita ikuti langkah-langkahnya satu persatu.
barang bekas untuk bahan prakarya membuat kotak pensil
bahan-bahan prakarya untuk membuat stationery organizer ini mudah didapat (dari barang bekas)
Alat dan Bahan
Alat dan bahan yang harus kamu siapkan untuk membuat stationery organizer (kotak pensil) ini adalah:
1.       Kotak kertas bekas barang-barang apapun yang ukurannya tidak terlalu besar. Di sini saya menggunakan 3 buah kotak kertas yaitu kotak teh celup, kotakenergy drink sachet-an, dan kotak kemasan pulpen.
2.       Kerta pembungkus (saya menggunakan kertas sampul bekas-karena saya punya banyak). Kamu boleh menggantinya dengan kertas apapun, tetapi sebaiknya yang warna-warni. Bisa juga menggunakan kertas pembungkus kado
3.       Mistar
4.       Gunting
5.       Cutter (mungkin diperlukan)
6.       Lem (saya menggunakan lem PVC putih)
7.       Selotip (mungkin diperlukan)

Langkah-Langkah Membuat
Berikut ini adalah langkah-langkah yang mudah diikuti untuk membuat prakaryastationery organizer (kotak pensil) dari kotak bekas .
1.       Siapkan kotak-kotak kertas bekas yang ada di sekitarmu. Boleh 2, 3, atau 4 kotak, sesuai selera. Kamu bisa membayangkan setiap jenis kotak akan bisa diisi alat tulis apa nantinya.
2.       Rancanglah kira-kira bagaimana bentuk terbaik jika semua kotak kertas bekas itu disatukan nantinya. Perhatikanlah faktor keindahan dan kemudahan (fungsi) pemakaiannya sebagai tempat mengatur dan mengorganisasi alat-alat tulismu seperti pensil, pulpen, penghapus, penjepit kertas, tip eks, dan sebagainya.
3.       Tekuklah sisi-sisi bagian penutup kotak ke arah dalam kotak untuk membuat kotak tersebut terbuka. Ini juga berfungsi untuk menguatkan struktur kotak itu sendiri. Jadi jangan dibuang (digunting). Lem dengan lem yang kuat (saya menggunakan lem PVC putih) untuk ini. Perhatikan contohnya pada gambar berikut.
cara membuat prakarya kotak pensil dari barang bekas
lipat penutup kotak bekas untuk menguatkan struktur kotak
4.       Bungkuslah kotak-kotak tersebut dengan kertas sampul yang telah disiapkan. Saya menggunakan kertas sampul bekas yang banyak saya miliki (bekas sampul makalah yang tidak terpakai), atau sisa kertas pembungkus kado. Bungkuslah bagian luar hingga bagian dalam kotak yang sekiranya akan tampak dari berbagai sudut pandang agar nantinya prakarya yang kita buat terlihat rapi dan indah.
5.       Terakhir, satukan semua kotak-kotak yang telah dibungkus rapi tadi membentuk sebuah kotak tempat pensil (stationery organizer) yang dapat kamu letakkan di atas meja belajarmu.


Gampang bukan, langkah-langkah cara membuat prakarya kotak pensil (stationery organizer) dari kotak-kotak bekas ini. Silakan mencobanya, semoga bermanfaat. Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar